"Drs. KARYONO"

Citius, Altius, Fortius

Perumusan Masalah

A.     Perumusan Masalah

SMA Negeri I Mojotengah merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas  di Kabupaten Wonosobo. Sebagian besar siswa yang masuk di SMA Negeri I Mojotengah merupakan siswa dengan nilai rata rata Ujian Nasional SMP yang rendah dibandingkan di sekolah lainnya dengan rata-rata nilai UAN 30,21. Selain itu siswa yang masuk juga memandang bahwa sekolah ini sebagai pilihan kedua, dengan pilihan pertama di SMA N I Wonosobo sebagai sekolah favorit  di Kabupaten Wonosobo.

Pada tahun pelajaran 2007/2008 jumlah siswa yang mengikuti UN 183, lulus 171 siswa atau 93,44 % (tidak lulus 12 siswa). Siswa yang tidak lulus mengikuti Ujian Kejar Paket C (UNPK) 8 siswa lulus, 4 orang tidak mengikuti. Pada tahun pelajaran 2008/2009 jumlah siswa yang mengikuti ujian nasional berjumlah 189 siswa dengan target kelulusan 100%. Namun demikian, standar nilai kelulusan setiap tahun meningkat, sehingga siswa dengan nilai yang sama pada tahun pelajaran sebelumnya, dapat tidak lulus pada tahun pelajaran berikutnya.

Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di sekolah harus dapat menuntaskan seluruh peserta didik. Masih adanya siswa yang tidak lulus, dapat menjadi indikator belum berhasilnya sekolah dalam menyiapkan peserta didik. Bertitik tolak dari hal tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan penelitian ini sebagai berikut: “Upaya apa yang telah dilakukan dalam pemberdayaan siswa dan guru dalam meningkatkan nilai ujian nasional SMAN 1 Mojotengah Tahun Pelajaran 2008/2009”?.

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: