"Drs. KARYONO"

Citius, Altius, Fortius

Kerangka Pikir

A.     Kerangka Pikir

Upaya meningkatkan nilai ujian nasional tidak terlepas dari upaya meningkatkan prestasi belajar siswa yang pada prinsipnya dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri siswa, sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa. Dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, maka faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa yang utama adalah faktor siswa dan guru.

Pada tahun pelajaran 2008/2009 SMAN 1 Mojotengah dalam upaya meningkatkan nilai ujian nasional telah melakukan program pemberdayaan guru dan siswa, yaitu :

1.  Kegiatan pemberdayaan guru

  1. In House Training bagi semua guru pada awal semester 1 dan 2

b.  Mengaktifkan MGMP tingkat sekolah setiap 2 minggu sekali

  1. Mengirimkan guru pada MGMP tingkat Kabupaten

d.  Mengikutsertakan guru-guru mapel UN pada diklat/workshop

  1. Supervisi klinis bagi guru mapel UN oleh Kepala Sekolah dan Pengawas.
  2. Menganalisis Standar Kopetensi Lulusan (SKL) Mapel UN

 

2.  Kegiatan Pemberdayaan Siswa

  1. Pembekalan materi Mapel UN sejak Oktober 2008 pada siang hari

b.   Pembimbingan dan pendampingan 5 siswa oleh 1 orang guru

  1. Pembinaan Mental spiritual dengan mujahadah

d.   Latihan Ujian Nasional / Try out

  1. Refreshing / Out Bond
  2. Pembelajaran dengan tutor sebaya pada jam ke 0 (jam 6.15 wib)

Siswa dan guru yang terlibat dalam proses pembelajaran di sekolah perlu diberdayakan agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Pemberdayaan siswa dan guru dilakukan secara terintegrasi, sehingga saling menguatkan dan mampu memberikan hasil yang terbaik.

Pemberdayaan guru menyangkut penguasaan kompetensi profesional guru. Sedang pemberdayaan siswa berkaitan dan pengelolaan faktor internal yang ada pada diri siswa berkaitan dengan penyiapan fisik dan psikologis siswa. Kegiatan pelaksanaan pemberdayaan siswa dan guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kerangka pikir dalam penelitian dapat divisualisasikan melalui skema sebagai berikut:

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: